Malaysia Healthcare Travel Council | Semakin Tahu Kesehatan Deh

Malaysia Healthcare Travel Council | Semakin Tahu Kesehatan Deh

Ketika teman blogger mengajak kita ikut seminar, tentu saja kita senang karena bisa mendapatkan ilmu dan menerapkannya langsung ditempat. Namun bagaimana jadinya bila teman blogger mengajak kita untuk ikut seminar kesehatan? Waduh tentu saja saya takut, soalnya saya jarang banget olahraga, apalagi jarang mengonsumsi buah dan sayuran, jadinya malas ikut deh. Tapi semua itu tertunda, sebab seminar ini diadakan oleh Malaysia, tepatnya Malaysia Healthcare Travel Council. Penasaran dengan seminarnya, saya terima ajakan teman blogger dan siap meluncur ke lokasi.


Malaysia Healthcare Travel Council | Semakin Tahu Kesehatan Deh - 01

Untuk lokasinya berada di Hotel Santika Dyandra Medan. Saat sampai disana, terlihat para blogger telah hadir. Saya pun langsung sigap memilih tempat duduk yang pas agar semakin nyaman menikmati seminarnya. Tidak lama kemudian seminar di mulai.

Malaysia Healthcare Travel Council | Semakin Tahu Kesehatan Deh - Narasumber 01
Bu Farah Delah Suhaimi, Director Marketing Development Indonesia

Nah seminar dimulai dengan pembicara bu Farah Delah Suhaimi, selaku Director Marketing Development Indonesia. Untuk edisi ini dijelaskan secara singkat tujuan dan keinginan Malaysia Healthcare Travel Council. Salah satunya, mewujudkan keinginan warga kota Medan yang mengingingkan kesehatan dan pelayanannya sekaligus menikmati wisata yang ada di Malaysia. Nah untuk lebih lengkapnya, bu Farah menyarankan untuk mengikuti acara Malaysia Healthcare bersama AirAsia Travel di Mall Centre Point Medan. Disana beragam penawaran layanan perawatan dan kesehatan tersedia seperti kardiologi, fertilisasi hingga perawatan lainnya. Tapi bukan hanya penawaran saja, fasilitas kesehatan swasta juga hadir seperti Ramsay Sime Darby Health Care, Sunfert International Fertility Centre dan Mahkota Medical Centre. Jadinya banyak yang bisa ditanya soal pelayanan kesehatan deh.

Malaysia Healthcare Travel Council | Semakin Tahu Kesehatan Deh - Narasumber 02
Dr. Savitha Dharan

Setelah penjelasan dari bu Farah, waktunya membahas kesehatan. Nah untuk pembahasan ini akan dibahas bersama Dr. Savitha Dharan yang dimulai dari ‘Pola Hidup’. Dalam pola hidup, Dr. Savitha menjelaskan bagaimana pola hidup yang sehat seperti pemilihan makan dan pola makanan. Nah untuk pemilihan makan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi yang mengandung serat agar tubuh kita tetap terjaga. Namun bagaimana yang jarang makan-makanan berserat dan bergizi? Untuk yang satu ini, Dr. Savitha menyarankan untuk menambah olahraga dalam hidup kita. Untuk olahraganya juga tidak harus olahraga berat seperti lari atau renang. Olahraga yang dilakukan cukup jalan cepat selama 30 menit, tujuannya agar terjadi proses pembakaran lemak dalam tubuh sehingga makanan yang kita konsumsi menjadi energi.

Terus pola hidup yang dibahas adalah tentang tidur. Nah biasanya kamu tidur berapa jam? Kalau saya tidur sekitar 3-5 jam. Ternyata tidur untuk orang dewasa dianjurkan minimal 6 jam per hari. Alasannya karena waktu tidur adalah waktu tubuh kita bisa beristirahat sekaligus memperbaiki kondisi tubuh kita, maka jangan heran saat bangun badan kita serasa segar. Jadi yuk atur pola tidur.

Tapi, mengapa pola hidup sehat yang dibahas? Ternyata pola hidup sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kita, terutama kesehatan jantung. Karena bila kesehatan jantung terganggu, kesehatan lain terggangu seperti terganggu aliran pembuluh darah, tekanan darah tinggi, diabetes dan lainnya. Bikin kita harus melakukan pola hidup sehat.

Malaysia Healthcare Travel Council | Semakin Tahu Kesehatan Deh - Sesi tanya jawab
Waktunya bertanya

Setelah selasai membahas pola hidup sehat, tibalah waktu sesi bertanya. Nah dalam sesi ini, cukup banyak pertanyaan menarik yang bisa diulas, salah satunya mengajak orang tua untuk hidup sehat. Untuk orang tua, Dr. Savitha menyarankan untuk mengurangi konsumsi negatif seperti makanan berlemak dan memicu penyakit lansia secara perlahan-lahan. Cara ini dilakukan agar orang tua terbiasa melakukan pola hidup sehat secara teratur.

Lalu pertanyaan menariknya mengenai pengobatan pertama saat pasien sakit namun terkendala jarak ke rumah sakit seperti ke rumah sakit Malaysia. Nah untuk ini, bu Farah menyarankan bisa menghubungi mereka atau rumah sakit Malaysia, karena sudah tersedia nomor telpon yang bisa dihubungi dan tersedia juga di sosial media (Instagram dan Facebook), jadinya semakin mudah deh mendapatkan akses kesehatan.

Malaysia Healthcare Travel Council | Semakin Tahu Kesehatan Deh - Penutup

Akhirnya selesailah sesi pertanyaan sekaligus menutup seminar kesehatan ini. Oiya dalam seminar ini hadir juga Rumah Sakit Malaysia, salah satunya Ramsay Sime Darby Healthcare. Nah mereka memiliki pusat cancer dan fasilitas canggih lainnya di Subang Jaya Medical Centre. Terus ada promo hingga 30% di acara Malaysia Healthcare bersama AirAsia Travel di Mall Centre Point. Jadi jangan sampai ketinggalan kesempatan ini bagi kamu yang ingin merasakan perawatan dan fasilitas dari mereka.

Malaysia Healthcare Travel Council | Semakin Tahu Kesehatan Deh - Blogger Medan

Oke begitu saja dulu mengenai seminar kesehatan dari Malaysia Healthcare, semoga kamu yang ingin mencobanya bisa mendapatkan manfaatnya. Sekian~


Catatan:

  • Malaysia Healthcare Travel Council adalah badan pemerintah yang telah diberikan kepercayaan untuk mengelola pariwisata kesehatan di Malaysia. Didirikan pada tahun 2009, MHTC berupaya memfasilitasi dan mengembangkan industri pariwisata kesehatan Malaysia di bawah brand ‘Malaysia Healthcare’ untuk menjadikan Mlaysia sebagai tujuan utama pariwisata kesehatan di dunia.
  • Facebook dan Instagram: medtourismmy.id

0 Comments

Posting Komentar