Menikmati Kota Medan Aman Berlalu-Lintas

Menikmati Kota Medan Aman Berlalu-lintas

Apa yang kamu bayangkan saat di kota Medan? Serasa di kota metropolitan. Yap kamu betul, kamu bisa melihat berbagai bangunan tinggi dan pusat perkantoran di kota Medan. Tidak hanya itu, untuk menikmati kota medan bisa melalui wisata dan kulinernya seperti Kota Tua di Kawasan Kesawan atau kuliner malam Pagayurun dan Perniagaan.

Kamu juga bisa menikmati indahnya cahaya matahari saat fajar maupun sore hari yang membuat kota medan bukan sekedar kota metropolitan. Namun semua itu sirna bila kamu berada di persimpangan lalu-lintas. Kok bisa gitu?

Sebenarnya untuk lalu lintas di kota Medan terbilang baik tetapi untuk mengajak warga menjaga ketertiban lalu lintas terbilang sulit, terutama angkot dan becak motor. Sering kita melihat mereka berhenti suka-suka dan mengklakson asal-asalan demi mencari nafkah. Memang boleh saja mencari nafkah, namun alangkah baiknya perlu diubah agar orang di sekitar lalu lintas tidak ikut-ikutan.

Menikmati Kota Medan Aman Berlalu-lintas
Salah satu becak motor yang membuat kemacetan, kredit beritadaerah.co.id

Emang apa buktinya orang jadi ikutan-ikutan? Kamu bisa melihat orang-orang yang mengendarai roda dua jadi ikut-ikutan klakson. Lebih parahnya lagi, mereka sampai memakai jalur pejalan kaki hanya demi melawan tukang angkot.

Menikmati Kota Medan Aman Berlalu-lintas
Pengendara roda dua yang menggunakan trotoar, kredit medantoday.com


Lalu apa solusi? Gak mungkinkan begini terus? Tentu saja ada seperti Pemerintah yang melakukan perbaikan dan pelebaran jalan agar kendaraan semakin mudah. Kamu bisa melihat kota Medan lagi giat-giatnya melakukan pelebaran jalan. Ada juga kegiatan pemerintah yang lain seperti membuat Fly Over dan membuat Jalan Tol yang bekerjasama dengan perusahaan Negeri maupun Swasta.

Menikmati Kota Medan Aman Berlalu-lintas
Pelebaran jalan di Jl. Krakatau
Menikmati Kota Medan Aman Berlalu-lintas
Fly Over Jamin Ginting, Medan. Kredit pu.go.id

Untuk bagian ketertiban lalu-lintas sebenarnya sudah dilakukan oleh Pihak Kepolisian. Kamu bisa melihat jalan yang biasa kamu lewati tiba-tiba berubah, hal tersebut dinamakan Rekayasa lalu-lintas. Kegunaan Rekayasa lalu-lintas untuk ketertiban dan meminimalisir kemacetan. Untuk melihat kegiatan ini kamu bisa melihat saat acara besar seperti Tahun Baru, Natal, Bulan Ramadhan atau hari khusus lainnya.

Menikmati Kota Medan Aman Berlalu-lintas
Salah satu rekayasa lalu-lintas agar memudahkan pengendara, kredit metropolitan.id

Tapi bagaimana dengan diri kita? Apakah bisa berkontribusi dalam menjaga ketertiban lalu-lintas? Kalau saya bilang bisa. Caranya cukup mudah, kamu hanya memerlukan smartphone dan kartu internetan. Setelah itu coba download (unduh) aplikasi peta seperti Google Maps, Here Maps, Maps Me, My Location dan lainnya yang berembel-embel Maps.

Setelah kamu download, kamu tinggal aktifkan aplikasinya. Saat kamu mengaktifkannya, maka pihak aplikasi meminta GPS diaktifkan. Hal ini berguna untuk menyesuaikan lokasi yang akan kita tuju. Namun bila tidak memiliki GPS, tinggal mengaktifkan internet saja. Sisanya bisa kamu kotak-katik sendiri.

Menikmati Kota Medan Aman Berlalu-lintas
Kamu tinggal aktif aplikasi dan klik tempat yang ingin kamu tuju

Lalu apalagi kegunaan aplikasi maps? Kegunaannya bukan hanya mencari jalur saja, tetapi memberitahu waktu yang tepat saat kita berkendara seperti lokasi macet yang sering terjadi beserta jam-nya. Bagaimana? cocok bukan jadi solusi macet?

Menikmati Kota Medan Aman Berlalu-lintas
Bukan hanya memberi tahu jalur saja, tetapi memberi Timing yang tepat agar kamu tidak terkena macet


Namun bukannya semua itu solusi saat macet? Bagaimana dengan ketertiban lalu-lintas? Untuk menjaga ketertiban lalu-lintas kamu bisa melihat berbagai kegiatan Pihak Kepolisian seperti kegiatan seminar ke tiap sekolah atau menyelenggarakan acara.

Menikmati Kota Medan Aman Berlalu-lintas
Pihak kepolisian menyelenggarakan acara, kredit waspada.co.id

Ada juga program dari perusahaan swasta yang ingin berkontribusi untuk keselamatan lalu-lintas yaitu PT Astra International Tbk. Dengan membawa program IAABL (Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas) sebagai wujud kontribusinya.

Menikmati Kota Medan Aman Berlalu-lintas
Program IAABL (Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas), kredit satu-indonesia.com

Program IAABL memiliki tiga fokus program yaitu panduan keselamatan berlalu lintas bagi pelanggan (safety awareness for customer) di mana setiap pelanggan produk otomotif Grup Astra yang tersebar di seluruh Indonesia diberikan pengetahuan safety riding and diving.

Program selanjutnya berupa panduan keselamatan berlalu-lintas bagi masyarakat (safety campaign for public) melalui berbagai talk show di radio, konten-konten di media sosial dan acara-acara off-air Grup Astra yang berjudul Astra Road Safety Fest.

Lalu ada kampanye keselamatan berlalu-lintas bagi pelajar (safety campaign at schools) ditujukan kepada siswa-siswi SD, SMA hingga mahasiswa di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk kota Medan sudah dilakukan di UPH Medan.

Dengan adanya program ini, membuat Astra semakin semangat menginspirasi sesuai umurnya sejak 1957. Inspirasi 60 tahun Astra terus dikobarkan demi Negeri ini, khususnya kota Medan yang ingin diwujudkan agar tertib dalam lalu-lintas.

Nah bagaimana? Tertarik menjaga lalu-lintas? Kamu bisa mencobanya berbagai cara di atas agar kota Medan semakin baik dan bisa kamu nikmati. Akhir kata, jangan biarkan kota Medan menjadi buruk hanya karena lalu-lintas.


9 komentar:

  1. jangankan di kota medan, diseluruh kota di indonesia kita harus terapkan menjaga lalu lintasnya

    BalasHapus
  2. di jakarta pun sama halnya bang, banyak pengendara motor yang lewat trotoar demi menghindari macet, bahkan kmrn sempat viral vidionya ada orang marah marah grgr di tegur sama masyarakat pejalan kaki, saya miris lah liatnya bang, memang hal ini butuh kesadaran masing masing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, butuh kesadaran masing-masing.. Tapi kalau kamu ada ide bisa di share, siapa tahu ada yang sadar, hehe..

      Hapus
  3. Kalau tertib berlalu lintas, mungkin tidak akan banyak yang kecelakaan.

    BalasHapus
  4. hmm, mirip sama jakarta ya ternyata

    BalasHapus
  5. Astra selalu menginspirasi biar lalu lintas aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Semoga inspirasi Astra terwujud..

      Hapus
  6. kayanya susah gan nertibin lalulintas di indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak sepenuhnya sih.. Agan bisa melihat lalu lintas Kota Medan di bagian Kota Tua dan Lapangan Benteng yang sudah mulai tertib.. Mudah2an kedepan bisa dipertahankan..

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.