Yuk Sahur Bersama Venus

Yuk Sahur Bersama Venus

Kamu mau puasa di bulan Ramadhan? Kalau iya, tentunya kamu harus sahur yang berguna untuk menjaga staminamu. Namun bagaimana agar sahur kita semakin menarik? Kamu bisa menikmati sahur dengan melihat planet Venus, planet kedua dari matahari yang akan menemanimu sepanjang bulan Ramadhan ini.

Nah membahas sahur bersama Venus, sebenarnya Venus merupakan planet dalam (yang dekat dengan matahari) sehingga cukup mudah ditemukan saat langit barat senja atau baru terbit saat dini hari di langit timur. Kelebihan lainnya, Venus cukup mudah ditemukan karena ia merupakan objek langit seperti Bulan yang memerlukan sinar Matahari.

Tepat bulan Ramadhan ini kebetulan Venus akan muncul di langit timur saat dini hari yang berbeda dengan Ramadhan sebelumnya yang muncul saat berbuka puasa. Kamu bisa menemukannya saat kamu sahur hingga Matahari terbit.

Yuk Sahur Bersama Venus
Hasil foto planet Venus yang diperbesar dengan kamera handphone 5 MP

Untuk melihatnya, kamu bisa melihatnya dengan mata telanjang yang akan terlihat seperti bintik yang terang. Walaupun diameter planet Venus diketahui sekitar 12.104 kilometer, namun jaraknya dari bumi adalah rata-rata sekitar 180 juta-an kilometer yang membuatnya terlihat seperti bintang saja.

Namun bagi kamu yang ingin melihatnya dengan cara berbeda seperti menggunakan teleskop tentu hasilnya akan jauh lebih baik daripada melihatnya dengan mata telanjang. Kamu juga bisa menemukan planet lainnya seperti Merkurius, Mars dan Jupiter.

Nah bagi kamu yang tertarik, kamu bisa mencobanya agar ibadah puasa-mu semakin lancar. Akhir kata, yuk sahur bersama Venus.


Referensi: infoastronomy.org

4 komentar:

  1. hayuuuk, eh tapi venus sahur juga? kira2 dia sahur pakai apa ya? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, inila bg lagi ditanya sahur pakai apa dia

      Hapus
  2. Mungkin besok bisa dicoba iseng-iseng sambil nunggu imsak :) Btw makasih ya bang infonya

    BalasHapus
  3. kemarin sempat lihat abis imsak :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.