Tips Mengatasi Force Close di Smartphone Bagi Kamu yang Suka Bermain Game

Tips Mengatasi Force Close di Smartphone Bagi Kamu yang Suka Bermain Game

Kamu pernah bermain game? Sering atau jarang? Genre apa yang kamu mainkan? Beberapa pertanyaan itu akan menjawab tingkatan kamu sebagai pecinta game, entah masih pemula atau sudah pro. Nah lepas dari pertanyaan tersebut, pasti ada saatnya kamu sangat jengkel saat bermain game yang membuat kamu malas memainkannya seperti force close atau game keluar sendiri secara tiba-tiba.

Untuk force close, sering sekali yang dibahas adalah game yang memiliki kualitas grafis yang baik. Grafis tersebut membuat spesifikasi smartphone yang diminta menjadi tinggi, sehingga force close tidak terjadi pada smartphone berspesifikasi tinggi. Lantas bagaimana dengan smartphone apa adanya?

Nah kebetulan ada beberapa tips yang bisa mengatasi force close atau game keluar sendiri di smartphone khususnya untuk smartphone seadanya. Bagi kamu yang tertarik, simak tips-nya berikut ini.

1. Menyesuaikan game dengan spesifikasi smartphone

Spesifikasi smartphone menjadi faktor utama dalam bermain game. Alasannya sederhana, karena game di masa sekarang sudah baru yang memaksa kamu perlu spesifikasi smartphone yang memadai. Untuk kamu yang paham spesifikasi, bisa memilih smartphone yang memiliki prosesor, RAM, GPU dan sensor yang memadai dalam menjalankan game.

2. Download dan instalasi game secara langsung dari google Play Store

Permasalahan selanjutnya adalah tidak mendownload dan instal secara langsung dari Google Play Store. Mengapa semuanya harus di Play Store? Alasannya untuk menghindari Malware yang bisa saja ada di dalam aplikasi game tersebut. Alasan pribadi saya tidak bisa update game seperti game action RPG yang saya jalani sehingga terpaksa mengulang dari awal. Semua itu dilakukan untuk menjaga perangkat atau smartphone Android kamu lebih terlindungi.

3. Bersihkan RAM smartphone

Penyebab lainnya adalah RAM pada smartphone yang memiliki peran menjalankan berbagai aplikasi. Permasalahannya yang sering pada RAM adalah ikut menjalankan file “sampah” yang membuat game keluar secara tiba-tiba. Solusinya, bersihkan RAM terlebih dahulu melalui menu Security atau Task manager. Namun untuk melakukannya jangan lupa close terlebih dahulu semua aplikasi dan game yang baru kamu buka agar pembersihkan RAM lebih maksimal.

4. Bersihkan cache

Sesudah “sampah” di RAM telah dibersihkan, langkah selanjutnya membersihkan cache pada setiap aplikasi atau game yang kamu jalankan. Untuk melakukannya, bisa buka menu Settings atau Setelah, lalu pilih aplikasi yang terpasang, buka aplikasi/game yang ingin kamu bersihkan/clear cache. Cara lainnya bisa menggunakan pihak ketiga seperti saya menggunakan Clean Master yang bisa di download di Play Store.

5. Reboot atau restart smartphone

Setelah melakukan semua di atas dan hasilnya tetap sama, disarankan untuk melakukan reboot atau me-restart HP Andorid kamu. Hal ini berguna untuk meningkatkan kinerja tasking pada smartphone. Sampai disitu, kamu sudah bisa melanjutkan game yang sempat keluar tadi.

Nah, begitulah tips mengatasi Force Close di smartphone bagi kamu yang suka bermain game. Semoga kamu bisa memainkan tanpa harus Force Close, sampai jumpa.

2 komentar:

  1. beberapa game downloadnya ga dari Play Store, pantesan kadang mau force close

    BalasHapus
  2. trmksih gan, artikel nya sangat membantu

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.